BATIK NAGARI TERINDAH PARIANGAN COBA TEMBUS LUAR NEGERI

0

Tanah Datar-sumatraline.com- Selasa (11/02/2020)-Batusangkar. Batik Desa terindah di dunia Nagari Pariangan, coba tembus luar Negeri dalam Fashion show di Hongkong untuk memperkenalkan Batik khas Nagari Pariangan banyak diminati orang disana, ini disampaikan oleh Wali Nagari April Khatik Saidi dalam Musrenbang Nagari Pariangan, Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat pada hari Senin (11/02).

Wali Nagari Pariangan dalam paparan sekaligus membuka acara Musrenbang mengatakan, realisasi penggunaan anggaran dana Nagari sengaja kita memposisikan 50 persen pembangunan fisik dan 50 persen pembangunan non fisik.paparnya.

Kita telah melaksanakan pembangunan dalam bentuk pelatihan tekhnologi tepat guna, pelatihan ketrampilan PKK kader Posyandu, pelatihan Batik Tanah Liek, sehingga 30 pengrajin sudah bisa membatik, pelatihan Kapalo Samek serta pelatihan Sablon Baju Kaos, dan pelatihan perbengkelan bagi generasi muda.

Selanjutnya pelatihan anggota PKK di nagari Pariangan, pelatihan membatik, ini bisa kita laksanakan setiap tahunnya, sebelumnya pernah juga kita promosikan keluar negeri “Alhamdulilah” banyak peminatnya, pada tahun 2019 kita telah mencoba membuat batik dengan berbagai motif sulam tulang Samaek, kita ciptakan juga 30 motiv di tahun 2020 ini, kata Wali Nagari.

Di kesempatan itu Ketua Tim pendamping Musrenbang Kabupaten Ir. Daryanto Sabir, M.Si. mengatakan, bagaimana kita mewujudkan rencana Musrenbang hari ini tentu harus mengacu kepada visi dan misi Kabupaten Tanah Datar tahun 2016-2021 ini adalah pedoman agar kita dalam perencanaan tidak diluar dari garis yang sudah ditentukan.

Apa yang disampaikan Wali Nagari sebelumnya ini sudah banyak namun saya melihat banyak dana yang masih bisa dipergunakan, “kalau didengar dari Silpa yang ada di nagari Pariangan masih terdapat Silpa, karena tidak tuntasnya pembebasan tanah,” kata ketua Tim Musrenbang.

Sambutan anggota DPRD Tanah Datar H. Saidani, SP. juga sebagai Wakil ketua DPRD mengatakan semangat pemerintah daerah itu sangat luar biasa, kerena tugas kita sebagai anggota DPRD dan pemerintah, memberi kesadaran bagi masyarakat Nagari Pariangan bahwa dengan wisata ini kita bisa maju, bisa mengangkat ekonomi masyarakat. sebutnya.

Membenahi Imprasruktur nagari Pariangan untuk mendukung Pariwisata, membuat regulasi agar nagari ini semakin menjadi nagari wisata, tahun ini secara bertahap sudah kita laksanakan, banyak angaran yang masuk kesini untuk pembangunan nagari.

Usulan kita Nagari Pariangan adalah daerah pariwisata, begitu regulasinya ada tentang pembangunan yang dianggarkan dinas Pariwisata kesini, tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkan yang dianggarkan dan untuk kunjungan wisata kesini, mereka pasti membawa dana untuk dibelanjakan disini.

Bagaimana caranya kita untuk mengambil dananya, “tentu kita sediakan fasilitas bagi mereka seperti Home stay kita suguhkan kesenian ,oleh-oleh ,dan kuliner serta ciri khas daerah kita agar dana yang dibawanya tinggal disini,” kata H. Saidani.

Dihadiri Ketua DPRD Tanah Datar Rony Muliadi, wakil ketua H. Saidani, anggota DPRD Tanah Datar Nova Hendria, SH, Beny Remon dan Apriman, ketua Tim Musrenbang Ir. Daryanto Sabir, Forkopinca Nagari Pariangan, Wali Nagari se-Kecamatan Pariangan
BPRN, KAN, Niniak Mamak Bundo Kaduang serta para undangan lainnya.(JN)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.