Kilas Balik 8 September Dunia Dalam Peristiwa

0

Sumatraline.com – Bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 8 September. 

Mengulas Kilas Balik dan melihat kembali Sejarah, tentunya bisa menambah Wawasan tentang Perjalanan Kisah Dunia dalam Peristiwa yang terjadi tepat pada tanggal 8 September.

Nah Peristiwa apa saja yang terjadi ketika tepat tanggal 8 September ? Simak Ulasan di Bawah ini :

8 September 1504

Patung marmer David (5,4 m) buatan Michelangelo selesai dan dipasang di depan pintu masuk utama ke Palazzo Vecchio (Piazza della Signoria) di Florence.

8 September 1514

Pertempuran antara pasukan Moskow dan pasukan Lituania yang dibantu pasukan Polandia meletus di Orsha, Lituania. Pertempuran yang dikenang dengan nama Pertempuran Orsha itu dimenangi pasukan Lituania dan Polandia. Dalam pertempuran tersebut, sedikitnya 5.000 tentara Moscow tertangkap.

8 September 1522

Ekspedisi pertama untuk mengelilingi dunia, yang telah dimulai di bawah pimpinan Ferdinand Magellan tiga tahun sebelumnya, kembali ke Seville dengan hanya 17 orang Eropa dan 4 orang Hindia Timur yang masih hidup; setelah kematian Magellan, ekspedisi ini dipimpin oleh Juan Sebastián del Cano.

8 September 1636

Perguruan Tinggi New College didirikan di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Perguruan tinggi itu merupakan yang pertama di AS. Pada 13 Maret 1639, nama New College diubah menjadi Harvard College sebagai bentuk penghormatan bagi donatur terbesarnya, John Harvard, seorang mantan mahasiswa Universitas Cambridge, Inggris. Kini, perguruan tinggi tersebut dikenal dengan nama Universitas Harvard dan menjadi salah satu universitas terbaik di dunia.

8 September 1715

Louis XIV dari Perancis, yang memiliki pemerintahan terpanjang dalam sejarah Eropa (1643-1715), meninggal; Ia disebut Raja Matahari dan membawa monarki absolut ke puncaknya, membentuk pengadilan megah di Versailles, dan bertempur dengan sebagian besar negara-negara Eropa lainnya dalam empat perang.

8 September 1784 

Galaksi NGC 16 ditemukan oleh William Herschel.

8 September 1831

Pertempuran Warsawa antara pasukan Polandia dan Rusia di Warsawa, Polandia berakhir. Pertempuran yang terjadi selama dua hari dan menjadi bagian dari Perang Polandia-Rusia itu berakhir dengan kemenangan Rusia.

8 September 1914

Martha, burung passenger pigeon terakhir, mati di Kebun Binatang Cincinnati; spesiesnya, yang dulu mungkin pernah mencapai 25% sampai 40% dari total populasi burung di Amerika Serikat, hancur karena perburuan.

8 September 1917  

Selama Perang Dunia I, Angkatan Darat Kedelapan Jerman menyerang Riga di ujung utara dari barisan Rusia; jatuhnya Riga memicu runtuhnya pemerintah Kerensky di Petrograd (Saint Petersburg), membuka jalan untuk Revolusi Bolshevik.

8 September 1923

Gempa bumi melanda Tokyo dan Yokohama, Jepang, menewaskan lebih dari 200.000 orang.

8 September 1636 

Harvard University Berdiri di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat dan anggota Ivy League. Universitas ini merupakan salah satu Universitas terbaik dunia

8 September 1939

Perang Dunia II dimulai dengan invasi Jerman ke Polandia.

8 September 1941

Pasukan Jerman mulai mengepung Kota Leningrad di Uni Soviet. Pengepungan Leningrad berlangsung hingga 18 Januari 1944 dan berakhir dengan kemenangan pasukan Uni Soviet yang berhasil memukul mundur pasukan Jerman. Pengepungan Leningrad merupakan pengepungan terbesar sepanjang sejarah dengan menewaskan lebih dari 1 juta.

8 September 1943

Petinggi militer Amerika Serikat (AS) Jenderal Dwight D. Eisenhower—orang yang lantas menjadi presiden ke-34 AS—mengumumkan bahwa Italia telah menyerah kepada Sekutu dalam Perang Dunia II. Pengumuman Eisenhower itu dilontarkan setelah Benito Mussolini digulingkan dari jabatannya sebagai perdana menteri Italia.

8 September (secara rinci belum jelas tahun pertama kali diperingati)

Diperingati sebagai Hari Pamong Praja Nasional. Bila merujuk pada peraturan perundang-undangan maka yang masuk kategori Korps Pamong Praja adalah mereka yang dididik secara khusus untuk melayani masyarakat serta konsisten menjaga keutuhan bangsa dan negara.

Dalam bentuk jabatan-jabatan, sebutan pamong praja ditujukan antara lain para Lurah, Camat, Polisi Pamong Praja, Asisten Sekda, serta Sekretaris Daerah, ditambah dengan SKPG (Satuan Kerja Perangkat Gubernur) sebagai tindak lanjut dari PP Nomor 19 Tahun 2010.

8 September 1954

Southeast Asia Treaty Organisation (SEATO) atau Pakta Pertahanan Asia Tenggara ditandatangani di Manila, Filipina. Organisasi ini didirikan untuk memblokade berkembangnya komunisme di kawasan Asia Tenggara. Negara anggota SEATO antara lain Australia, Perancis, Selandia Baru, Thailand, Pakistan, Filipina, Britania Raya, dan Amerika Serikat (AS). SEATO lantas dibubarkan pada 30 Juni 1977.

8 September 1966

Ditetapkan sebagai Peringatan Hari Aksara Internasional oleh UNESCO, Jadi tepat Hari ini adalah diperingati sebagai Hari Aksara Internasional atau International Literacy Day.

8 September 1969

Sebuah kudeta tak berdarah menggulingkan Raja Idris dari Libya, dan Muammar al-Qaddafi menjadi kepala negara.

8 September 1971

Qatar, sebelumnya protektorat Inggris, menjadi merdeka.

8 September 1978

Tentara Iran menembak mati sekitar 88 orang demonstran yang menginginkan revolusi di negara tersebut. Karena terjadi pada hari Jumat, peristiwa tragis itu kini dikenang dengan nama Jumat Hitam.

8 September 1979

Pesawat antariksa Amerika Serikat, Pioneer 11, mencapai Saturnus.

8 September 1991 

Adalah Republik Makedonia di Proklamasikan dari Yugoslavia. Meski demikian, kemerdekaan Makedonia baru diakui PBB pada 8 April 1993.

8 September 1994 

Sebuah Boeing 737 milik USAir Penerbangan 427 jatuh saat mendekati Bandara Internasional Pittsburgh. Tidak ada yang selamat dari 132 penumpang dan awak.

8 September 2013 

Pembukaan Miss World 2013, bertempat di Westin Resort, Nusa Dua, Bali.

8 September 2014 

Dimulainya ajang pencarian bakat anak di SCTV yaitu La Academia Junior Indonesia.

Dikutip dari berbagai Sumber, bagi Sobat yang ingin menambahkan, kami sangat berterima kasih dan tentunya terbuka lebar.  Silahkan dapat berkomentar di bawah ini.

Penulis : Ridwan

Editor   : Redaksi

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.