NAGARI PARAMBAHAN JORONG TIGO BATUR ADAKAN ALEK PACU JAWI

0

Tanah Datar – sumatraline. Sabtu (22/02/2020)-Batusangkar. Alek anak nagari Pacu Jawi Sawah Siburik Jorong Tigo Batua Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum, disambut meriah oleh penonton touris dari mancanegara maupun lokal, karena Ivent pacu Jawi ini diadakan hanya di 4 (empat) Kecamatan Lima Kaum, Sungai Tarab, Pariangan, Rambatan, masyarakat sekitarpun bisa berjualan di arena tersebut untuk menghidupi ekonomi mereka.

Dihadiri Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH yang diwakili Kabid bidang olah raga Parpora Jimy Saputra, Forkopinca, Camat Lima Kaum Drs. Hendra Setiawan, Wali Nagari Parambahan H. Roby Yasdi, Polsek Lima Kaum Iptu. Aljufirmal diwakili Babimkamtibmas Rismaizal, Koramil 02 Lima Kaum Dandramil serma Jufrzal, KAN, BPRN, Bundo Kanduang, Ketua Porwi Kabupaten Tanah Datar. Sumatera Barat, Sabtu (22/02).

Wali Nagari dalam sambutannya mengatakan terimakasih kepada panitia pelaksana hanya dalam tempo tiga hari sudah bisa melaksanakan kegiatan Pacu Jawi ini sesuai dengan Kalender Invents dari Parpora, hampir kita tidak jadi menyelenggarakan Alek pacu Jawi ini karena waktu mepet hanya tiga hari setelah diadakan rapat Alhamdulillah berkat panitia terselenggara juga kegiatan pacu Jawi ini.

Mudah-mudahan bisa membawa nagari kami ke tingkat Kabupaten maupun di tingkat dunia Internasional untuk memperkenalkan nagari kami kepada tamu dari luar. Perlu saya sampaikan bahwa Jalan yang kita lewati tadi untuk menuju lokasi Pacu Jawi baru selesai di kerjakan oleh TNI dalam menunggal masuk desa, atas pengecoran jalan juga pembangunan tempat ibadah musolla.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Kodim 0307 Tanah Datar hal ini dilaksanakan oleh Koramil 02 Dandramil bersama jajarannya membuat program untuk membuatkan Jalan dari Sitoluak menuju jambu.
,Alhamdulilah tadi sudah nampak pemgecorannya Insya’allah tahun ini kita lanjutkan lagi, terimakasih sekali lagi kepada Dandim atas partisipasinya terhadap nagari Parambahan, ” kata Wali Nagari.

Pada sambutan Camat Lima Kaum Hendra Setiawan mengatakan, kami atas nama pemerintah Kecamatan mengucapan terimakasih kepada panitia pelaksana yang telah mempersiapan acara kita dalam waktu relatif pendek bisa melaksanakan kegiatan ini. Kami yakin untuk melakukan kegiatan seperti pacu Jawi ini perlu persiapan waktu dan kerjasama termasuk pendanaan dan terima kasih kepada Wali Nagari Parambahan yang telah menganggarkan dana bantuan untuk kegiatan pada hari ini.

Seperti kata panitia tadi Alek pacu Jawi hanya dilaksanakan di 4 (empat) Kecamatan lain mungkin tidak ada yang melaksanakan dan kita di Kecamatan Lima Kaum tidak seluruhnya juga bisa melaksanakan pacu Jawi ini, hanya 3 (tiga) nagari yang bisa Cubadak, Labuah dan Parambahan.

“kita berharap Alek pacu Jawi bisa dipertahankan kegiatan ini sudah mejadi tradisi bagi kita termasuk 2 (dua) nagari yang lain tetap kita pertahankan karena Alek pacu Jawi ini termasuk dalam kalender Ivent sudah masuk dalam penilaian dari anugrah pesona Indonesia tingkat nasional menjadi juara 2 (dua) mudah mudahan bisa kita pertahankankan,” kata Camat Hendra Setiawan.

Kata sambutan sekaligus pembukaan Wakil Bupati Tanah Datar dalam kesempatan ini di sampaikan oleh Kabid olah raga Parpora Jimy Saputra,
mengatakan, bahwa Wakil Bupati tidak bisa hadir karena ada hal yang tidak bisa di tinggalkan, dalam ini di wakilkan kepada kami.

Pemerintah Tanah Datar sangat Apresiasi dan mendukung sepenuhnya kegiatan ini karena Alek atau tradisi pacu Jawi memang satu-satunya di dunia dan kita bersyukur dengan kegiatan ini juga Tanah Datar diangkat atau dikenal di dunia Internasional.

Sejak 2009 dinas Parpora memfasilitasi dan mulai menata kegiatan ini dengan lomba Fotografer waktu itulah pacu Jawi ini mendunia di ikutkan di lomba-lomba Foto Internasional dan Alhamdulillah berkali-kali
menjadi juara sehingga keberkahannya sampai sekarang, touris mancanegara begitu ingin untuk datang berkunjung kesini, “ada semacam selogan mengatakan belum Foto grafer dia kalau belum berkunjung kesini lagi,” kata Kabid olah raga Jimy Saputra.(Jh)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.