NAGARI TALUK HARAPKAN PEMEKARAN JORONG DAN ASET JALAN KABUPATEN DI KELOLA NAGARI

0

Tanah Datar – sumatraline.com- Rabu (11/02/2020) Batusangkar. Padatnya penduduk terkendala administrasi, jumlah jorong yang ada hanya 4 (empat) hal ini disampaikan oleh Wali Nagari Taluk Pendi Azwir pada Musrenbang Nagari Taluk Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat pada hari Rabu (12/02)

Wali Nagari Taluk pada pembukaan Musrenbang mengatakan jumlah KK yang dihimpun 152 KK itu termasuk KK yang di pakai oleh perantau yang masih memakai administrasi nagari di kampung, luas Nagari Taluk seluas 2250 hektar jumlah Jorong hanya 4 kalau boleh kami mengusulkan untuk pemekaran Jorong ini.

Kami mempunyai jumlah wilayah dan penduduk yang banyak jumlah Jorong sedikit, Nagari Taluk mempunyai ruas jalan Kabupaten sebanyak 14 ruas dengan panjang lebih kurang 27,32 km, jalan provinsi yang melalui kabupaten sepanjang10,5 km, 50% yang belum ada pengerasan, dasar yang kita sampaikan hari ini mungkin kalau ada perubahan besok satu atau dua perbaikan akan kami asetkan ke nagari kalau mencukupi angaran di nagari, kata Pendi Azwir.

Ir. Nuryedisman ketua Tim Musrenbang mengatakan perlunya meningkatkan SDM agar terwujud ABS SBK (adat basandi sarak sarak basandi kitabulah) data KK miskin harus terdaftar, ada 3 yang diprioritaskan pertama, data rumah tidak layak huni, kedua data ibu meninggal melahirkan dan kematian bayi, yang ketiga bayi kurang gizi tolong didata, pelayanan publik kita pelayan masyarakat, juga anak putus sekolah data itu indikator nagari data keberhasilan Wali Nagari di lihat di sana,” kata ketua Tim Musrenbang.

Paparan Sudut Pandangan Anggota DPRD Asrul Jusan mengatakan perioritaskanlah yang utama karena anggaran pemerintah terbatas saat ini dari 2 (dua)miliar tinggal 1 (satu) miliar tentu porsinya berkurang saat ini, sesuai apa yang didapatkan sebelumnya tentang pembangunan kalau dana BKBK itu cepat cair tentu tidak banyak Silpa. Mengenai pelayanan publik saya rasa nagari Taluk sudah ada peningkatan sekarang sudah 10 besar ditingkat Kabupaten Tanah Datar kemaren, kata Asrul Jusan.

Anggota DPRD
Heri Hendri, mengatakan bagaimana kedepannya tahun 2021 untuk pembangunan disemua lini akan berjalan dengan baik, saya mendengar semacam keluhan dari pak Wali tentang aset jalan Kabupaten mau meminta untuk diserahkan ke Nagari ini terbalik, biasanya nagari yang meyerahkan asetnya ke Kabupaten sekarang terbalik.

Yang sebenarnya kemampuan keuangan nagari itu tidak mencukupi untuk pembangunan di nagari jalan rumah dan lainnya, tapi pak wali meminta kalau aset Kabupaten diserahkan keNagari itu tanda apa, perhatian pemerintah sangat kurang terhadap Nagari Taluk, itu menurut kami, karena nagari selama ini menganggap Kabupaten uangnya banyak aset nagari itu di serahkan ke Kabupaten.

Jadi kita mohon sama pemerintah apa yang dirisaukan oleh Nagari Taluk ini tolong juga diperhatikan, kenapa Wali Nagari mau meminta aset Kabupaten untuk dikelola di Nagari. “Berarti pemerintah belum mumpu memelihara aset-aset Kabupaten yang ada di Nagari Taluk,” katanya.

Masaalah jumlah penduduk boleh dikatakan cukup banyak tapi Jorong nya 4 antara suatu daerah dengan daerah lain sulit untuk mengelola secara administrasi kalau memang pak Wali mengusulkan untuk pemekaran Jorong asal sarat-saratnya sudah mencukupi kenapa tidak kita kabulkan.

Tolong dilihat sarat-sarat untuk terpenuhi sebuah pemekaran, baik itu Jorong kalau sudah ada jangan kita tahan-tahan tolong diakomudir
sepanjang sarat administrasi dan sarat yang lain itu terpenuhi semua kenapa tidak kita kabulkan.

jadi kami sebagai anggota dewan masalah potensi-potensi nagari ini harus dibudayakan dan saya juga tadi melihat pak wali mengekspos recana kerja di tahun 2021 fisik non fisik, “jagan bicara fisik terus juga ada namanya kerja non fisik sebagaimana yang disampaikan tokoh masyarakat tadi, contoh jalan sudah bagus mesjid sudah bagus isinya bagaimana,” kata Heri Hendri.

Anggota DPRD Nasrul Can juga menambahkan dalam Musrenbang ini mengatakan, pembangunan Sumber Daya Masyarakat (SDM) untuk kemajuan daerah kita juga, katanya. (JHON)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.