Pada Musrenbang 2020 Masyarakat Nagari Tanjung Mengeluh Masalah Irigasi

0

Tanah Datar – sumatraline.com Selasa (04/02/2020)-Batusangkar, Sumatera Barat. Adanya irigasi namun air tidak mengalir ke sawah itulah keluhan masyarakat nagari Tanjung di Musrenbang 2020. Dihadiri oleh anggota DPRD Dapil IV Tanah Datar Khairul Abdi, Beny Apero, Yalpema Jurin, Camat Sungayang Yatriwel, Tim Musrenbang, Polsek Sungayang AKP Sahnimar, Wali Nagari se-Kecamatan Sungayang, BPRN, KAN, tokoh masyarakat. Selasa (04/02)

Sementara itu Wali Nagari Tanjung Faze Andrif dalam paparannya mengatakan bahwa, rencana pembangunan Nagari periode 202. Tema Musrenbang tahun ini untuk melaksanakan pembangunan dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui pembangunan ekonomi dan sumber daya manusia dalam tata kelola pemerintahan yang baik.

Pemerintah Nagari Tanjung menyiapkan anggaran pembangunan rumah warga tak layak huni yang berasal dari Bantuan Khusus Bersifat Khusus (BKBK) tahun 2020 sebesar Rp.135,- juta untuk 8 kepala keluarga (KK).

Kecuali, kegiatan yang juga didanai BKBK adalah lanjutan pembangunan jalan usaha tani Ateh Guguak Kosiak sebesar Rp. 40,000,000,- dan belanja modal Laptop sebesar Rp. 5.000,000,-

“Untuk melaksanakan pembangunan tahun ini, kita memiliki anggaran sebesar Rp. 2,31 milyar yang berasal dari pendapatan transfer sebesar Rp.1,65 milyar dan sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) 2019 sebesar Rp.425,849 juta,” jelas Wali Nagari Tanjung.

Ketua Tim IV Musrenbang Tanah Datar yang diwakili Sekretaris Dinas PMD PPKB D.Yonasri meminta kepada peserta Musrenbang agar dapat merancang pembangunan dengan baik, mengutamakan peningkatan kualitas SDM, pengamalan agama, adat, dan budaya, pengentasan kemiskinan dan pengangguran.

“Kemudian, peningkatan infrastruktur, tata kelola pemerintahan yang baik, lingkungan hidup dan bencana alam, pengembangan pariwisata, pertanian, dan UMKM sebagai penggerak ekonomi daerah,” tambahnya.

Salah seorang tokoh masyarakat, mengatakan “air dan irigasi ada, kenapa air sampai sekarang tidak mengalir ke sawah mereka, jembatan yang menghubungkan Lintau Batusangkar tepatnya di nagari Tanjung harus diperbaiki, soalnya sudah tua sekali kami mohon melalui DPRD agar bisa mencarikan solusinya” tutupnya.(JN)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.