TIDAK MUNGKIN SEMUA USULAN TERPENUHI MUSRENBANG NAGARI PITALAH

0

Tanah Datar – sumatraline.com Rabu (22/01/2020)-Batusangkar. Musrenbang, Wali Nagari Pitalah Suharmi, mengatakan, bahwa musyawarah Musrenbang seluruh pertemuan berangkat dari bawah untuk pembangunan nagari, apa yang akan dilaksanakan baik itu dibidang pembangunan, ekonomi dan kesejahteraan nantinya akan kita laksanakan sesuai dengan anggaran yang ada dari kabupaten.

“Jadi tidak mungkin semua usulan atau kebutuhan kita akan dapat terpenuhi, karena ini tergantung dari dana nagari yang tersedia,” katanya.

Itulah salah satu kendala kenapa tidak semua dapat kita laksanakan, dari hasil perencanaan ini.

“Apapun nantinya dari hasil musyawarah kita dalam MUSNA (Musyawarah Nagari) kemaren tanggal 17 telah kita rangking, inipun masih ada syarat-syarat yang harus kita lakukan, terutama di bidang pembangunan fisik,” ucap Suharmi.

“Misalnya kita membangun suatu jalan, kita membutuhkan izin tanah dari pemilik lahan tersebut, umpamanya pembangunan jalan ini adalah peringkat satu, seandainya ada semacam alasan yang paling rentan, izin lahan itu tadi, kalau ini nantinya tidak ada izin, yang tadinya ranking satu
otomatis rangking turun kebawah,” kata Wali Nagari.

Ketua DPRD Tanah Datar Rony Muliadi Dt Bungsu, dalam sambutan paparan DPRD mengatakan, bahwa dengan kegiatan Musrenbang ini kita berharap kualitasnya, tidak hanya sekedar formalitas saja, karena memang Musrenbang itu pekerjaan rutinitas kita, jadi pembangunan itu di rencanakan, dilaksanakan, dievaluasi, kita yang banyak hanya merencanakan saja.
Untuk pelaksanaanya kita limpahkan ke Wali Nagari, setelah itu di serahkan kepada BPRN dan masyarakat untuk di evaluasi, kata Ketua DPRD.

Wakil Ketua DPRD Tanah Datar H. Saidani, SP. juga menambahkan, “Di Pitalah ini banyak yang bisa di kembangkan kulinernya seperti katupek pitalah, kerupuk, rakik ikan, telor itik, bagaimana supaya kita bisa meningkatkan daya saingnya agar bisa masuk ke supermarket, disini juga terkenal dengan usaha itik kalau dibuat ciri khas makanan sepesial itik mulai dari telor sampai itik, nanti usaha ini bisa dibantu oleh nagari melalui Bumnag, nagari bisa membentuk juga kelompok tani,” kata Saidani.

Dana nagari merupakan uang rakyat yang pertanggung jawaban dan pelaksanaannya diserahkan kepada Wali Nagari, tapi kita harus bersama-sama untuk menjaganya, memang ada juga suara-suara yang miring tentang pelaksanaan, yang dalam mengerjakan orangnya itu ke itu saja, akan tetapi kita harus melihat kualitas kerja, tambahnya.

Musrenbang ini dihadiri Ketua DPRD Tanah Datar Rony Muliadi Datuak Bungsu, Wakil Ketua DPRD Saidani, SP dan anggota DPRD Tanah Datar, turut menghadiri Forkopinda, Camat Batipuh, Polsek Batipuh yang mewakili, Wali Nagari Pitalah Suharmi, St. Sati, BPRN, KAN, Kepala SMPN, Kepala SDN, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya.(JN).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.